Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Jaringan Komputer Paling Lengkap

Apa Itu Jaringan Komputer?

Pengertian Jaringan Komputer Paling Lengkap

Jaringan komputer adalah sekelompok sistem komputer dan perangkat perangkat keras komputasi lainnya yang dihubungkan bersama melalui jalur komunikasi untuk memfasilitasi komunikasi dan pembagian sumber daya di antara berbagai pengguna. Jaringan umumnya dikategorikan berdasarkan karakteristiknya.



Salah satu contoh jaringan komputer yang paling awal adalah jaringan komputer yang berkomunikasi yang berfungsi sebagai bagian dari sistem radar Semi-Automatic Ground Environment (SAGE) Angkatan Udara A.S.. Pada tahun 1969, University of California di Los Angeles, Stanford Research Institute, University of California di Santa Barbara dan University of Utah dihubungkan sebagai bagian dari proyek Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET). Jaringan inilah yang berevolusi menjadi apa yang sekarang kita sebut internet.



Jaringan digunakan untuk:

Memfasilitasi komunikasi via email, konferensi video, instant messaging, dll.

Aktifkan beberapa pengguna untuk berbagi perangkat keras tunggal seperti printer atau pemindai

Aktifkan file sharing di seluruh jaringan

Izinkan untuk berbagi perangkat lunak atau program operasi pada sistem jarak jauh
Buat informasi lebih mudah diakses dan dipelihara di antara pengguna jaringan



Ada banyak jenis jaringan, diantaranya:

Local Area Networks (LAN)

Personal Area Networks (PAN)

Home Area Networks (HAN)

Wide Area Networks (WAN)

Jaringan Kampus

Metropolitan Area Networks (MAN)

Enterprise Private Networks

Internetwork

Backbone Networks (BBN)

Global Area Networks (GAN)

Internet



Klasifikasi Jaringan Komputer dan Jaringan Area
Jaringan komputer dapat dikategorikan dalam beberapa cara yang berbeda.

Salah satu pendekatan mendefinisikan jenis jaringan menurut wilayah geografis yang terbentang. Jaringan area lokal (LAN), misalnya, biasanya menjangkau satu rumah, sekolah, atau bangunan kantor kecil,

sedangkan jaringan area luas (WAN), menjangkau seluruh kota, negara bagian, atau bahkan di seluruh dunia. Internet adalah WAN publik terbesar di dunia.


Desain Jaringan

Jaringan komputer juga berbeda dalam pendekatan desain mereka. Dua bentuk dasar desain jaringan disebutclient / server dan peer-to-peer.

Jaringan client-server menampilkan komputer server terpusat yang menyimpan email, halaman Web, file dan atau aplikasi yang diakses oleh komputer klien dan perangkat klien lainnya. Pada jaringan peer-to-peer,

sebaliknya, semua perangkat cenderung mendukung fungsi yang sama. Jaringan client-server jauh lebih umum terjadi di jaringan bisnis dan peer-to-peer yang lebih umum di rumah.

Sebuah topologi jaringan mendefinisikan tata letak atau strukturnya dari sudut pandang arus data.

Dalam apa yang disebut jaringan bus, misalnya, semua komputer berbagi dan berkomunikasi di satu saluran umum, sedangkan di jaringan bintang, semua data mengalir melalui satu perangkat terpusat. Jenis jaringan topologi yang umum termasuk jaringan bus, bintang, jaringan ring dan jaringan mesh.



Protokol Jaringan

Bahasa komunikasi yang digunakan oleh perangkat komputer disebut protokol jaringan.

Namun cara lain untuk mengklasifikasikan jaringan komputer adalah seperangkat protokol yang mereka dukung. Jaringan sering menerapkan beberapa protokol dengan setiap aplikasi spesifik yang mendukung. Protokol yang populer termasuk TCP / IP – yang paling banyak ditemukan di Internet dan di jaringan rumah.



Jaringan Komputer Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Perangkat komunikasi tujuan khusus termasuk router jaringan, jalur akses, dan kabel jaringan secara fisik merekatkan jaringan secara bersamaan.

Sistem operasi jaringan dan aplikasi perangkat lunak lainnya menghasilkan lalu lintas jaringan dan memungkinkan pengguna melakukan hal-hal yang bermanfaat.



Jaringan Komputer Rumah

Sementara jenis jaringan lain dibangun dan dipelihara oleh para insinyur, jaringan rumah dimiliki oleh pemilik rumah biasa, orang-orang seringkali hanya memiliki sedikit atau tanpa latar belakang teknis. Berbagai produsen memproduksi perangkat keras router broadband yang dirancang untuk mempermudah penyiapan jaringan rumah.

Router rumah memungkinkan perangkat di ruangan yang berbeda untuk secara efisien berbagi koneksi internet broadband, membantu orang untuk lebih mudah berbagi file dan printer mereka di dalam jaringan, dan meningkatkan keamanan jaringan secara keseluruhan.

Jaringan rumah telah meningkat dalam kemampuan dengan setiap generasi teknologi baru.

Bertahun-tahun yang lalu, orang biasanya membuat jaringan rumah mereka hanya untuk menghubungkan beberapa PC, berbagi beberapa dokumen dan mungkin printer. Sekarang umum bagi rumah tangga untuk juga konsol permainan jaringan, perekam video digital, dan smartphone untuk streaming suara dan video.

Sistem otomasi rumah juga telah ada selama bertahun-tahun, namun ini juga semakin populer akhir-akhir ini dengan sistem praktis untuk mengendalikan lampu, termostat digital, dan peralatan.



Jaringan Komputer Bisnis

Lingkungan kantor kecil dan rumah (SOHO) menggunakan teknologi serupa seperti yang ditemukan di jaringan rumah. Bisnis sering memiliki komunikasi tambahan, penyimpanan data, dan persyaratan keamanan yang memerlukan perluasan jaringan mereka dengan cara yang berbeda, terutama karena bisnis semakin besar.

Sedangkan jaringan rumah umumnya berfungsi sebagai satu LAN, jaringan bisnis cenderung mengandung banyak LAN. Perusahaan dengan bangunan di berbagai lokasi memanfaatkan jaringan area luas untuk menghubungkan kantor cabang ini bersama-sama.

Meskipun juga tersedia dan digunakan oleh beberapa rumah tangga, komunikasi voice over IP dan penyimpanan jaringan dan teknologi backup lazim di bisnis. Perusahaan yang lebih besar juga mengelola situs Web internal mereka sendiri, yang disebut intranet untuk membantu komunikasi bisnis karyawan.



Jaringan dan Internet

Popularitas jaringan komputer meningkat tajam dengan penciptaan World Wide Web (WWW) di tahun 1990an. Situs Web Publik, sistem berkas sharing peer to peer (P2P), dan berbagai layanan lainnya yang dijalankan di server Internet di seluruh dunia.



Jaringan Komputer Wired vs Nirkabel

Banyak protokol yang sama seperti kerja TCP / IP di jaringan kabel dan nirkabel. Jaringan dengan kabel Ethernet didominasi oleh bisnis, sekolah, dan rumah selama beberapa dekade. Namun belakangan ini, teknologi nirkabel seperti Wi-Fi telah muncul sebagai pilihan pilihan untuk membangun jaringan komputer baru, sebagian untuk mendukung smartphone dan jenis gadget nirkabel baru lainnya yang telah memicu munculnya jaringan seluler.

Mujiyono
Mujiyono Seorang blogger muda yang hanya memikirkan kata "berusaha, berdoa dan pasrah" tak lupa akan syukur atas apa yang di berikan.

1 komentar untuk "Pengertian Jaringan Komputer Paling Lengkap"

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amalkan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya. 

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).